Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 24 Februari 2011

sutradara film yang bermutu dan populer

 

http://2.bp.blogspot.com/_GGkeS_PVZk0/Sa9gUZI3FFI/AAAAAAAAAB4/mWyK-6DbnIo/s320/bond2-dlm.jpg
Hampir semua Sutradara pasti ingin film yang ia garap menjadi film yang bermutu, populer, berkesan, serta bisa mendatangkan banyak uang. Tapi ternyata tak banyak sutradara yang bisa membuat film yang sangat berkualitas dan bisa menjadi review di dunia perfilman dunia, hanya sedikit Sutradara yang benar-benar mempunyai "sense of film". Oleh karna itu maka tak heran jika banyak Film-film berkualitas yang digarap oleh satu produser.


Produser bisa dianggap sukses jika filmnya bisa menjadi film berkualitas, meledak di pasaran dan mendatangkan banyak uang (Apalagi jika filmnya bisa masuk ominasi atau menjuarai piala Oscar). hanya beberapa Sutradar yang bisa membuat membuat film seperti itu.

Berikut Kami tampilkan daftar 10 sutradara tersukses yang dinilai berdasarkan kualitas film yang digarap, popularitas film yang digarap, serta jumlah pemasukan uang dari film yang digarap :

1. Steven Spielberg
Filmography: Munich, War of the Worlds, The Terminal, Catch Me If You Can, Minority Report, A.I., Saving Private Ryan, Amistad, Jurassic Park, The Lost World, Hook, Always, Indiana Jones and the Temple of Doom, Indiana Jones and the Last Crusade, Raiders of the Lost Ark, Empire of the Sun, The Color Purple, ET, Close Encounters of the Third Kind, JawsTotal Domestic Box Office: $3.445 BillionPer Film Average: $164.1 Million
2. Robert Zemeckis
Filmography: Beowulf, The Polar Express, Cast Away, What Lies Beneath, Contact, Forrest Gump, Death Becomes Her, Back to the Future, Back to the Future Part II, Back to the Future Part III, Who Framed Roger Rabbit, Romancing the Stone, Used CarsTotal Domestic Box Office: $1.799 BillionPer Film Average: $150 Million
3. George Lucas
Filmography: American Graffiti, Star Wars, Star Wars Episode I, Star Wars Episode II, Star Wars Episode IIITotal Domestic Box Office: $1.698 BillionPer Film Average: $340 Million

4. Ron Howard
Filmography: The Da Vinci Code, Cinderella Man, The Missing, A Beautiful Mind, How the Grinch Stole Christmas, EDtv, Ransom, Apollo 13, The Paper, Far and Away, Backdraft, Parenthood, Willow, Gung Ho, Cocoon, Splash, Night ShiftTotal Domestic Box Office: $1.606 BillionPer Film Average: $100.3 Million
5. Chris Columbus
Filmography: Rent, Harry Potter and the Chamber of Secrets, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Bicentennial Man, Stepmom, Nine Months, Mrs. Doubtfire, Home Alone, Home Alone 2, Only The Lonely, Heartbreak Hotel, Adventures in BabysittingTotal Domestic Box Office: $1.567 BillionPer Film Average: $130.6 Million
6. Gore Verbinski
Filmography: Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest, Pirates of the Caribbean: At World’s End, The Weather Man, The Ring, The Mexican, Mouse HuntTotal Domestic Box Office: $1.308 BillionPer Film Average: $187 Million
7. Peter Jackson
Filmography: King Kong, The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring, The Lord of the Rings: The Two Towers, The Lord of the Rings: The Return of the King, The FrightenersTotal Domestic Box Office: $1.268 BillionPer Film Average: $253.6 Million

8. Tim Burton
Filmography: Sweeney Todd, Corpse Bride, Charlie and the Chocolate Factory, Big Fish, Planet of the Apes, Sleepy Hollow, Mars Attacks!, Ed Wood, Batman Returns, Edward Scissorhands, Batman, Beetlejuice, Pee-Wee’s Big AdventureTotal Domestic Box Office: $1.267 BillionPer Film Average: $97.4 Million
9. Sam Raimi
Filmography: Spider-Man, Spider-Man 2, Spider-Man 3, The Gift, For Love of the Game, A Simple Plan, The Quick and the Dead, Army of Darkness, DarkmanTotal Domestic Box Office: $1.247 BillionPer Film Average: $138.5 Million
10.James Cameron
Filmography: Titanic, True Lies, Terminator 2, The Abyss, Aliens, TerminatorTotal Domestic Box Office: $1.147 BillionPer Film Average: $163.8 Million

Jumat, 18 Februari 2011

Kevin Costner Sutradarai Mini Seri TV

Kevin Costner Sutradarai Mini Seri TV

Kevin Costner, bintang film dan juga pernah menyutradarai film layar lebar seperti Wyatt Earp, The Postman, Open Range dan Dances With Wolves,  berencana untuk menjadi sutradara tv.

Adapun kabarnya nih, Kevin, yang emang suka banget dengansejarah,bakalan meyutradarai mini seri TV yang menceritakan tentang usai perang saudara di Amerika.

Gak hanya itu, seperti yang dikabarkan Femalefirst,co.uk, Kevin juga bakal main dalam mini seri itu yang mana akan mempelajari tentang penduduk (settlement) di bagian barat Negara-negara bagian Amerika.
Dan jika rencana itu terealisir jaringan tv Amerika A&E berkenan mengudarakan mini seri tersebut.

Dia (Costner) lebih mengerti film barat ketimbang orang lain, dan dia menghormati genre.”

“Dia tahu semua detail tentang budaya barat; ini adalah jenis film yang sangat dia sukai. Itu adalah kesempatan yang sempurna,” ujar jubir buat jaringan A&E.

Meski Kevin jadi terkenal berkat peran-perannya seperti dalam film The Untouchable dan Field of Dreams, tapi sukses paling besar yang pernah dia dapat adalah ketika dirinya menjadi pemain dan juga sekaligus sutradara Dances with Wolves tahun 1990 dimana film itu  dinominasikan dalam 20 katergori di piala Oscar dan memenangkan Best Picture dan juga Best Director.

Buku Buku Seni Sinema Televisi

Buku Buku Seni Sinema Televisi 
Dari Rumah Kertas Ke Pentas Dunia
Pengarang       : A. Syaeful Anwar
Halaman          : 248
Editor              : Seno Gumira Ajidarma
ISBN               : 979-00351
Cetakan I        : Maret 2005

Buku ini berasal dari sebuah tesis tentang biografi Nobertus Riantiarno, seorang tokoh teater modern Indonesia. Berbicara juga tentang Teater Koma dan tentang perbincangan antar wacana terutama seni tradisional dan seni modern.








Film/Media Seni
Pengarang       : D. A. Peransi
Halaman          : 197
Editor              : Marselli Sumarno
ISBN               : 979-00351
Cetakan I        : Juni 2005

Buku ini berisi sejumlah pemikiran dari Peransi ini meski terkesan klasik namun cukup layak untuk dibaca sebagai pembelajaran dalam dunia kini, terutama dunia film. Buku ini berisi tentang estetika film, film dokumenter, film sebagai media ekspresi dan sebagainya.






Kritik Sosial Dalam Film Komedi
Penulis             : Harun Suwardi
Halaman          : 187
Editor              : Marselli Sumarno
ISBN               : 979-00351
Cetakan I        : Juni 2005

Harun Suwardi menghabiskan hari-harinya menggeluti film-film Nya Abbas Akup, hasilnya dipoles oleh Veven Sp. Wardhana. Inilah kajian terhadap tujuh film komedi dengan kritik sosial tajam sekaligus menghibur. 








Dokumenter
Penulis             : Gerzon R. Ayawaila
Halaman          : 226
Editor              : Veven Sp. Wardhana
ISBN               : 978-979-16063-1-8
Cetakan II       : Januari 2009

Penulis buku ini selain seorang dosen adalah juga sekaligus praktisi film dokumenter. Karena itu, selain penuh dengan rujukan teori dan metodologi yang terhitung rinci, buku ini juga dilengkapi dengan pemaparan pengalaman ketika yang bersangkutan memproduksi dokumenter, termasuk juga pemaparan perihal langkah-langkah yang hendak dan harus dilakukan ketika memproduksi dokumenter.







Televisiana
Penulis             : RM. Soenarto
Halaman          : 175
Editor              : Veven Sp. Wardhana
ISBN               : 978-979-16063-0-1
Cetakan I        : Maret 2007

Buku disusun oleh seorang yang sangat berkompeten dalam bidangnya, sehingga paparannya tak berhenti sebagai semata teori dan metodologi, melainkan sudah terpraktikkan mengingat penulisnya adalah praktisi yang sudah malang-melintang dalam dunia broadcast pertelevisian baik di dalam negeri maupun tingkat internasional. Untuk itu, beberapa contoh konkret juga disertakan dalam buku ini untuk setiap persoalan yang dijadikan topik bahasan.





Programa Televisi
Penulis             : RM. Soenarto
Halaman          : 163
Editor              : Veven Sp. Wardhana
ISBN               : 978-979-16063-2-5
Cetakan I        : Agustus 2008

Teori tanpa praktik adalah mandul. Praktik tanpa teori sama dengan meraba-raba dalam kegelapan. Nah, praktik dan pengalaman mutlak bagi siapa pun yang ingin bekerja dengan sukses. Buku ini adalah uraian Pak Narto sebagai “orang lapangan” ingin berbagi dengan pembaca yang ingin maju dalam televisi. Pahit-manisnya kerja seorang produser televisi juga dipaparkan dalam buku ini.






Jejak-jejak Tradisi Bahasa Rupa Indonesia Lama
Penulis             : Wiyoso Yudoseputro
Halaman          : 244
Editor              : Nanang Gandaprawira
                         Puspito Hadi
ISBN               : 979-8699-03-3
Cetakan I        : Juli 2008

Buku ini menjadi bukti yang terdokumentasi secara runtut dan apik dari pikiran salah seorang ahli Kebudayaan dan Kesenian Indonesia yang memang memiliki nilai yang kuat dan memiliki artefak-artefak yang hingga kini masih tertinggal bahkan sebagian masih dipergunakan dan menempel dalam kehidupan manusia Indonesia modern masa kini. Seolah-olah menandai bahwa kehidupan masa lalu baru terjadi pada beberapa bulan, atau bahkan beberapa hari lalu sehingga ingatan itu seharusnya tidak bias hilang. Buku ini selain sebagai ilmu pengetahuan umum tentang kebudayaan Indonesia, juga sebagai media rewinder yang selalu mengingatkan kita tentang masa lalu yang mendasari lahirnya masa kini.



Job Description Pekerja Film (versi 01)
Tim Produksi   : Agni Ariatama
                         Arda Muhlisiun
Halaman          : 150
ISBN               : 978-979-99351-1-3
Cetakan I        : Maret 2008

Buku ini tersusun atas kontribusi para pengajar film di IKJ: Sam Sarumpaet, Eric Gunawan, Nan Achnas, Agni Ariatama, Faozan Rizal, Nurhidayat, A. Syaeful Anwar, RB. Armantono, Marselli Sumarno, Hartanto, Khikmawan Santosa, Wahyu Tri Purnomo, Abduh Aziz, Gerzon R. Ayawaila, dan Tino Saroengallo.

Buku ini sebagai petunjuk pelaksanaan pembuatan film yang disepakati semua pihak baik pekerjanya maupun perusahaan penyelenggara produksi film (baik untuk bioskop maupun televisi).



Teknik Menulis Skenario Film Cerita
Penulis             : H. Misbach Yusa Biran
Halaman          : 344
Editor              : Tugas Supriyanto
ISBN               : 979-419-314-0
Cetakan II       : 2010
Buku ini sangat membantu dan bermanfaat terutama bagi pemula yang ingin menulis skenario. Buku ini bukan saja berisi panduan teknis, namun juga berisi prinsip dan folosofi penting dipahami oleh calon penulis skenario film. Buku pertama yang menguraikan seluk-beluk penulisan skenario secara sungguh-sungguh dengan contoh-contoh yang berasal dari film-film terkenal di dunia dan ditulis secara sistematis.


The FIVE C’s of CINEMATOGRAPHY
Penulis             : Joseph V. Mascelli, A.S.C
Penerjemah      : H. Misbach Yusa Biran
Halaman          : 474
ISBN               : 978-979-16063-5-6
Cetakan II       : 2010
Buku ini memberikan gambaran bahwa penyajian cerita atau noncerita (dokumenter) melalui film memerlukan langkah-langkah dan hukum-hukum pembuatan film yang mesti dipegang para pekerja film agar karya yang diciptakannya kelak mampu membuat penonton untuk tetap duduk di kursinya.




SEJARAH FILM INDONESIA
Penulis             : Gayus Siagian
Halaman          : 162
Editor              : Gotot Prakosa
ISBN               : 978-979-16063-6-3
Cetakan I        : 2010
Buku yang berasal dari artikel panjang Gayus ini memiliki makna penting, karena karya Gayus ini telah menjadi rujukan penting bagi penulisan-penulisan buku lainnya mengenai sejarah film Indonesia. Sebelum diterbitkan sebagai buku, artikel panjang ini menjadi diktat atau artikel bahan kuliah di Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ) yang kemudian menjadi Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dimana Gayus mengajar bidang sejarah film.



PSIKOLOGI FILM
Penulis             : Dr. Matius Ali
Halaman          : 254
Sampul & Isi   : Tugas Supriyanto
ISBN               : 978-979-99351-2-0
Cetakan I        : 2010
Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa film, televisi, fotografi dan kajian media serta masyarakat umum yang tertarik untuk menonton atau membaca film lewat psikoanalisis Lacan. Penulis berharap di kemudian hari ada yang berminat untuk melakukan studi atau penelitian lebih lanjut tentang psikoanalisis Lacan dan film.